Guru Pandemi : Maret 2020 hingga Desember 2021


Jum'at, 26 Nopember 2021 adalah petemuan akhir pada semester ganjil ini. kelas 12 IPS 3 dan 2 memiliki kesempatan ini dalam kelas PTMT (Pembelajaran Tatap Muka Terbatas). Dengan demikian ini adalah melengkapi satu semester. 

Terkait dengan semester, berikut adalah urutan semester yang terlewati sambil menghadapi pandemi.

1). Semester Genap (20 Maret 2020 - Juni 2020)

Kegagapan teknologi mendesain dan melaksankan pembelajaran jarak jauh dengan berbagai aplikasi menghinggapi guru. Mereka yang merasa tertantang, dengan sendiri sekarela belajar dari sana-sini, dari mana-mana. 

2). Semester Ganjil (Juli 2020 - Desember 2020)

Banyak guru beradaptasi. Mereka mulai menggunakan berbagai aplikasi untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh, diantara yang umum digunakan melaui WA, GM, Zoom, GCR, GF, Blog, dan  Youtube channel. 

3). Semester Genap (Januari 2021 - Juni 2021)

Sudah tidak ada masalah yang berarti dalam menyelenggarakan pembelajaran jarah jauh. Tatap muka mulai dilaksanakan, Blended Learning menjadi isu yang seksi. Pemerintah Indonesia semakin perhatian kepada pemberian kemudahan akses internet, khususnya pemberian kuota gratis untuk belajar.

4). Semester Ganjil (Juli 2021 - Desember 2021)

Guru auto pilot dalam pembelajaran jarak jauh. Blended Learning menjadi acuan tren baru pembelajaran masa khusus ini. Pandemi merubah wajah pendidikan, khususnya guru. Guru kini lebih melek internet, melek teknologi. 

Dari 4 perjalanan semester itu, peserta didik sepertinya tidak sesukses gurunya. Defisit pengetahuan tetap menjadi PR bagi guru....

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama