Perbandingan Sejarah Yugoslavia dan Kamboja


Dua pertemuan terakhir, kita telah mengevaluasi sejarah dari Balkan, yakni Yugoslavia dan sejarah mantan Indocina, yaitu Kamboja. Pada pertemuan diakhir-akhir sebelum Penilaian Akhir Semester (PAS), kalian secara berkelompok diminta untuk membuat perbandingan diantara dua kisah sejarah negara tersebut.

Yupz, pembelajaran kali ini berkelompok karena mengurusi persoalan yang membutuhkan cara berfikir yang lebih tinggi dan tentunya membutuhkan kerja keras sekaligus kerjasama. Kalian diharapkan menemukan hal yang bersifatnya karakteristik, berbagai persamaan, dan membangun sebuah simpulan yang kuat tentang kedua sejarah negara tersebut.

Bagian pertama, fokus kepada karakteristik sejarah kedua negara tersebut. Uraikan hal yang khusus, beda, dan mencirikan dari sejarah Yugoslavia juga Kamboja. 

Bagian kedua, memberikan penjelasan persamaan-persamaan dari sejarah kedua negara tersebut. Dahulukan yang esensial, inti, dan yang utama. Misalnya, persamaan pada kondisi perang dingin. Kalian dalam kelompok, dapat menemukan persamaan yang lainnya lagi.

Bagian ketiga, mengajukan simpulan yang tepat. Ingat, bagian ini bukan rangkuman materi, tapi sebuah sintesis, maksud atau arti yang muncul dari apa yang dibahas. 

Untuk sekedar mengingatnya, dan tentu kalian wajib membaca sumber lainnya, berikut link/tautan kedua sejarah tersebut.

Yugoslavia

Kamboja

Hasil kerja kelompok kalian, harap diterjemahkan ke dalam beberapa halaman info grafis. Batas waktu pengumpulan di hari PTMT-BDR hingga pukul 22.00 WIB. File dalam bentuk JPeg atau PDF yang dikirimkan japri dan update pengumpulan di grup WA. 

Demikian.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama