Gastera Trolling yang Menggelinding (Pantun Bale, 11 Januari 2022)

Pantun Bale, Selasa 11 Januari 2022

Judul Tulisan : Upacara Pelantikan Pengurus Osis dan Launcing Inovasi Perpustakaan "Gastera Trolling"

Penulis : Mohamad Bajuri


Program Pantun Bale (Pantau Tulisan Sahabat Lagerunal) masih tergolong muda dan sepi peminat. Dalam program ini, komunitas Lagerunal sebenarnya memberikan ruang menjadi "seperti pelatih" yang bisa "melihat yang tidak mereka (penulis) lihat" agar penulis mendapatkan masukan dari pihak pembaca. Masukan yang hadir bukan hanya sekedar komentar "bagus, keren !", namun lebih luas lagi cakupannya. Selain itu, apresiasi positif atau lainnya juga diharapkan. Dengan demikian, jika sebuah tulisan dipantunbalekan, maka akan muncul semacam "cermin besar" kepada penulis. Dari pantun inilah, diharapkan ada penyempurnaan di sana-sini.

Pantun Bale edisi kali ini, saya memilih tulisan sobat Lage yang gemar menulis. Beliau adalah guru olah raga yang bagi saya cukup jarang ditemukan guru bidang studi tersebut nge-blog dan hasilkan tulisan secara rutin. Ini layak diapresiasi, apalagi tulisan yang dipantunbalekan menarik sedari judul. Pelantikan Osis menarik bagi saya, begitupula Gastera Trolling.

Tulisan bapak yang seringkali "hadir" di saat rekan-rekan mulai, atau sudah menarik selimutnya, menguraikan sebuah kisah di hari senin lalu. Tulisannya mengalir, enak untuk diikuti. Deskripsi ringan terhadap situasi menghiasai tulisan beliau ini. 

Menyimak pelantikan pengurus OSIS dalam tulisan ini tergambarkan susana serius, dan memang seperti itulah karakter "anak OSIS" nyaris diseluruh sekolah dipenjuru republik ini. Lengkap, cukup detail yang terlihat dari fakta-fakta yang diungkapkan. Saya membacanya sambil mengangguk-angguk. Gumam hati bicara: "mana nih kisah perpustakaan Gatera Trolling ?". Hingga tulisan berakhir, saya tidak menemukan narasi tertulis tentang "judul yang membuat saya memilih tulisan ini".

 Pembaca disodorkan 3 gambar yang saya duga sebagai "penjelasan" tentang Perpustakaan Gastera Trolly tersebut. Pembaca seakan diajak untuk menafsirkan gambar dan mengimajinasikannya. Saya tidak mendapatkan seperti "iklan" dalam judulnya, bahkan sebuah pengertian atau konsep tak satupun diutarakan, kecuali seperti tertera di spanduk dalam gambar foto. Sekali lagi, pembaca silahkan menafsirkan. Jangan-jangan tulisan Mr. Bajuri ini adalah tugas kepada peserta didiknya agar membuat tulisan berdasarkan 3 gambar tersebut ?. Entahlah....




7 Komentar

  1. Semoga ke depan tidak sepi peminat, Pak. Pantun Bale, menyelisik tanpa mengusik, apalagi sirik. Membedah tanpa merasa lebih gagah. Membaca dengan saksama, jauh dari rasa jemawa.

    BalasHapus
  2. Makasih. Wow banget tulisanku dipilih dipantun balekan. Aku minta maaf karena tulisanku itu bisa dibilang premature. Karena keterbatasanku dalam menulis, belum rampung nulisnya sudah dipublish, karena waktu jam cinderella. Mestinya aku menuliskan apa itu gastera troling. Makasih sudah mengulas tulisanku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syap Pak, hanya coba berbagi untuk kebaikan kita semuanya.

      Hapus
  3. Sy juga penasaran apa itu Gastera Trolling?

    BalasHapus
  4. Iya juga sih, padahal Pantun Bale sekarang juga berhadiah. Apalagi kalau hari Selasa ikut, hari Kamis juga ikut. Wah, peluangnya lebih besar dapat hadiah! Hehe...

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama