Analisa Lukisan Sejarah 1.9 oleh Kls. XI - 6 (Kel. 6) Tentang Kedatangan Anggota VOC di Batavia

 


Nama Kelompok:

Dimas Subianto

Felicia Cahaya

Mohammad Alby

Naysilla Aulia

Nazwa Kamila

Raya Ivanka


Identifikasi Gambar 1.9

Latar lukisan ini kami identifikasi sebagai pelabuhan dangkal yang tidak dilintasi oleh kapal kapal besar. Hal ini didukung dari analisis kami bahwa gambar kapal yang terdapat pada lukisan tersebut hanyalah kapal kecil tanpa layar yang kami anggap sebagai kapal kecil lokal ataupun kapal sekoci untuk menyimpan barang barang oleh bangsa Eropa. 

Pada bagian kanan gambar, terdapat dua tokoh. Tokoh sebelah kiri kami identifikasikan sebagai penduduk lokal Batavia dikarenakan pakaian khas nya merupakan kain panjang yang hanya dililit di pinggang beserta penutup kepala dari akulturasi budaya Cina. Tokoh sebelah kanan kami identifikasikan sebagai penduduk Batavia dari Arab yang menempati Batavia untuk urusan berdagang dan aktivitas keagamaan dikarenakan pakaian tokoh tersebut merupakan pakaian khas Arab yang sangat tertutup. Di sana juga terdapat seekor cheetah yang kami asumsikan sebagai peliharaan tokoh Arab tersebut dikarenakan bangsa Arab sangat gemar memelihara hewan spesies kucing besar untuk menunjukkan bukti kekuasaan mereka. Hubungan kedua tokoh tersebut kami simpulkan baik karena penduduk lokal Batavia terlihat memegang senjata tradisional yang diarahkan ke atas tanda pengawan tanpa mengancam. Di sana juga terdapat seekor biaya yang merupakan simbol bangsa Betawi Batavia saat itu. 

Pada gambar kiri gambar, terdapat tiga tokoh. Tokoh yang di tengah kami identifikasikan sebagai penduduk lokal batavia. Untuk tokoh yang di kanan dan kiri kami identifikasikan sebagai bangsa Eropa. Kita bisa asumsikan bahwa mereka saat ini tengah dalam diskusi mengenai transaksi rempah-rempah—karena pada saat itu VOC belum memonopoli penuh perdagangan. Hal ini dapat terjadi antara penduduk lokal Batavia dan tokoh Eropa dikarenakan penduduk lokal Batavia memiliki status sosial yang lebih tinggi dikarenakan pakaiannya yang menunjukkan pakaian yang berbeda namun juga terlihat membawa senjata tradisional. 

Pada latar lukisan tersebut, juga terdapat elemen flora pohon pisang yang merupakan simbol keadaan flora yang banyak ditemukan di Batavia.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama