Analisa Lukisan Sejarah 1.9 oleh Kls. XI-8 (Kel. 2) Tentang Kedatangan Anggota VOC di Batavia



Analisis Sejarah Gambar 1.9

Kelompok 2:

Ahmad Zulkarnain (4)

Bima Fajar Shodiq (7)

Chantika Chairunnisa (8)

Kayla Rizqgita (18)

Muhammad Zaidan Arkan Ardhana (28)

Tatia Nuraini (36)



Dalam lukisan ini, terlihat adanya pelabuhan, yang berada di seberang pulau. Lalu adanya perahu lokal kecil karena tidak adanya layar yang dapat kita artikan bahwa lautan tersebut adalah lautan dangkal.

Penggambaran pohon pohon seperti pohon pisang dan nangka menunjukkan bahwa lokasi lukisan ini berasa di wilayah tropis lebih tepatnya di Asia Tenggara.

Di sebelah kiri gambar, kita dapat melihat 3 orang yang sedang berbincang. Orang yang berada di sisi kiri merupakan orang Eropa. Begitu juga orang yang berada di sebelah paling kanan. Terlihat dari pakaiannya dan celana pendeknya. Sedangkan orang yang berada di tengah merupakan orang Indonesia/lokal keturunan Cina.

Lalu di tengah gambar bisa kita lihat adanya seekor buaya, buaya di sini sebagai simbol selamat datang di Batavia karena buaya merupakan hewan khas/simbol Batavia. Selain buaya, ada juga seekor cheetah. Cheetah yang terlihat di gambar ini adalah hewan jinak atau peliharaan. Karena cheetah tersebut tidak dirantai dan orang yang di sekitarnya tidak terlihat ketakutan.

Orang di sebelah cheetah adalah orang lokal. Terlihat dari pakaiannya dimana ia tidak memakai atasan dan senjata yang ia bawa berbentuk melengkung seperti keris. Orang disampingnya adalah orang Arab, karena pakaiannya yang menggunakan kain panjang serta menutup kepala menggunakan sorban. Arab dan Afrika sudah menjalin hubungan baik sejak lama, sehingga cheetah bisa dianggap simbol Afrika maupun Arab karena banyak orang Arab pada saat itu yang berdagang membawa cheetah atau hewan buas lainnya sebagai hewan peliharaannya yang didapatkan dari Afrika.


Kesimpulan:

Dari analisis di atas dapat kita simpulkan bahwa banyaknya pendatang dari luar Nusantara seperti Eropa dan Timur Tengah ke Batavia.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama