Analisa Lukisan Sejarah 1.9 oleh Kls. XI - 6 (Kel. 1) Tentang Kedatangan Anggota VOC di Batavia

 


Kelompok 1 : 

Hadi Riyanto 

Lutfiah Nafisah 

M. Bintang Rizky Pratama

Meuthia Ananda Putri 

Muhammad Guntur Dwiputra Nugraha 

Yunita Luthfiana 



Menganalisis Gambar 1.9 

Pegawai Jerman, karyawan VOC yang melukiskan memorinya di Batavia, sebagai tempat kedatangannya di Jawa. Lukisan tersebut dibuat oleh Herport (1669).

Dari lukisan tersebut terlihat sebuah pelabuhan yang berada di kota Batavia. Lalu juga terdapat perahu kecil (Sekoci) yang merupakan perahu orang lokal, karena perahunya kecil, didayung secara manual, dan tidak ada layarnya. Perahu tersebut mendarat di sebuah pulau tepatnya ke tepi atau daratan pulau tersebut. Di tepi atau daratan tersebut terdapat hewan, yaitu buaya yang melambangkan atau menggambarkan ciri khas budaya Betawi. 

Di sebelah kiri lukisan terdapat pohon pisang, pohon sirih, dan tiga orang yang kita anggap merupakan dua orang Eropa dan satu orang lokal. Orang lokal tersebut berada di tengah-tengah orang Eropa. Orang lokal tersebut menggunakan topi China, walaupun menggunakan topi China kita menganggap itu adalah orang lokal karena dia membawa tombak dan juga seperti membawa senjata atau golok yang di ikat di pinggangnya, dan memang waktu itu orang China juga pernah menetap di Batavia, jadi budaya China juga masuk di sekitar wilayah Batavia tersebut.

Di sebelah kanan tepatnya di belakang tiga orang tersebut, terdapat dua orang yang mengenakan pakaian berbeda. Orang yang satu hanya memakai kain yang dililit, tidak memakai baju dan seperti membawa kris juga senjata atau golok yang diikat di pinggangnya. Orang kedua mengenakan pakaian tertutup dan menggunakan sorban, sepertinya orang tersebut adalah orang Arab. Di samping dua orang tersebut juga terdapat hewan, yaitu cheetah. Hewan tersebut terlihat jinak dan seperti sebuah hewan peliharaan, sepertinya hewan tersebut merupakan milik orang Arab itu. 

Adapun orang di sebelah kiri maupun kanan, mereka sedang saling berbincang-bincang secara terpisah. Sepertinya orang yang di sebelah kiri maupun kanan memiliki kasta atau tingkatan yang berbeda. Oleh karena itu mereka berbincang-bincang secara terpisah. Tiga orang yang di sebelah kiri merupakan kasta atau tingkatan yang tinggi dan dua orang yang di sebelah kanan tepatnya di belakang tiga orang tersebut merupakan kasta atau tingkatan yang di bawah mereka. 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama