Analisa Lukisan Sejarah 1.9 oleh Kls. XI - 6 (Kel. 4) Tentang Kedatangan Anggota VOC di Batavia

 


Nama anggota kelompok:

1. Alisa Septiani

2. Alya Winda Lourdesta

3. Moysha Ayladani Efendi

4. M Al-Daffa Sheva Ramadhan

5. M Endru Rizky Ramadhan

6. M Farel al-bany


Tugas mengidentifikasi lukisan 1.9

Pegawai jerman, karyawan VOC melukiskan memorinya di Batavia, sebagai tempat kedatangannya di Jawa Barat – lukisan oleh Herport (1669) 

Pada lukisan ini menggambarkan keadaan Pelabuhan sekitar kota Batavia di sebelah kanan bawah lukisan terdapat dua orang yang memakai pakaian yang berbeda jenis satu orang memakai pakaian yang rapi penutup pada kepala, memakai baju tertutup dan celana yang seperti rok bergelembung. Sedangkan pria yang satunya lagi menggambarkan warga lokal yaitu dengan gaya berpakaiannya yang hanya memakai kain yang dililitkan dipinggang, pria itu juga sedang memegang satu buah tombak atau bambung runcing ia mengantongi golok dibagian pinggang sebagai senjata tambahan, menandakan ia seorang prajurit. 

Pada sebelah kanan kedua pria tersebut terdapat cheetah , hewan ini memfilosofikan perlindungan untuk kaum bangsawan dan juga cheetah menggambarkan berpikir cepat dan kemajuan. Pada lukisan ini juga terdapat seekor buaya yang menggambarkan suku Betawi yang kita kenal hingga saat ini identik dengan buaya contohnya pada saat pernikahan 

Kita beralih pada gambar perahu, ini merupakan buatan lokal dikarnakan ukuran yang kecil, tidak memiliki layar dan masih menggunakan tenaga manual yaitu menggunakan dayung kayu. Kapal ini terlihat seperti berlabuh ke pinggir daratan. 

Pada sebelah kiri lukisan terdapat beberapa orang yang terlihat sedang berbincang. Pada orang pertama ia mengenakan kain untuk penutup kepala seperti sorban, baju panjang dan kain songket sebagai penutup bagian bawah ini menandakan bahwa ia orang asing yang menjadi karyawan VOC. Pria yang berdiri pada bagian tengah memegang tombak atau bambu runcing, ia juga seperti mengenakan pakaian khas cina dan penutup kepala khas warga Tionghoa. Pada bagian pinggang pria ini juga terdapat senjata seperti golok. Dan pada pria terakhir ia terlihat seperti orang Eropa dikarnakan dari cara berpakaiannya serta model rambutnya. Kita dapat melihat di sini sangat digambarkan kehidupan sehari hari warga sekitar batavia, pada pemandangan lukisan ini terdapat pelabuhan yang cukup besar dimana dijadikan tempat berlabuh kapal kapal yang akan berdagang atau mendistribusikan barang barang ke beberapa daerah. 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama