Analisa Lukisan Sejarah 1.9 oleh Kls. XI-8 (Kel. 5) Tentang Kedatangan Anggota VOC di Batavia



KELOMPOK : 5


NAMA ANGGOTA :


• AFFAN SHALEH HATANA PARDEDE


• DEVINA ERMA DEWI


• GENDIS FELIANTI


• LARAS DESTIANI PRATIWI


• MUHAMAD RADO (ANBK)


• SALSABILA AWALIYAH YUNUS



Gambar 1.9 :

Tampak gambar di sebelah kiri ada tiga orang pegawai Jerman yang sedang berdiri di bawah pohon pisang dan mereka sepertinya sedang memperbincangkan  sesuatu, orang yang di tengah terlihat ia sedang memegang tongkat panjang. 

Di sebelah kanan tiga orang pegawai Jerman terlihat adanya satu ekor buaya berukuran sedang  , tidak begitu kecil dan tidak juga begitu besar. Buaya itu terlihat tidak menyerang orang yang ada di sekitarnya, kemungkinan juga buaya itu adalah peliharaan kedua orang pribumi yang ada di depan buaya itu. 

Terlihat juga di sebelah kanan nya buaya ada seekor chetta berukuran besar untuk seekor hewan tersebut. Chetta itu seperti sedang mengaung-i kedua orang di depan nya. 

Di sebelah kanan Chetta dan Buaya terdapat dua orang Pribumi. Yang di sebelah kiri adalah seorang laki-laki , yang tidak memakai baju , ia hanya memakai pakaian yang berada di bawah saja. Lelaki itu juga membawa sebuah bambu yang panjang , di ujung bambu itu dibentuk sebuah runcingan yang tajam. 

Di gambar juga terlihat bahwa pegawai Jerman datang saat siang hari, terlihat dari bayangan pohon pisang yang mengarah ke arah selatan. Angin di saja juga terlihat cukup sejuk, terlihat dari arah gerak awan yang berada di gambar tersebut. 

Di belakang pohon pisang terdapat sebuah perahu berukuran kecil, Bisa jadi Para Pegawai Jerman tadinya menaiki kapal yang berukuran besar, tetapi karena kapal besar sulit untuk di bawa ke pesisir pelabuhan, maka mereka akhirnya harus menggunakan kapal yang berukuran kecil . Di gambar itu terlihat kapal kecil tersebut sedang di Dry Dock kan oleh satu orang kepil, kemungkinan kepil tersebut adalah bagian dari orang Jerman. 

Di seberang pulau , terdapat adanya sebuah arsitektur bangunan yang didominasi oleh bangunan Belanda dan masyarakat setempat yang berinteraksi dengan para penjelajah asing. Di situ juga terdapat adanya jembatan penghubung antar kedua pulau tersebut, jembatan itu terlihat luas dan panjang serta terlihat terbuat dari bebatuan dan semen. 

Kesimpulan nya adalah Bahwa kehadiran para menjajah pada masa kolonial ke Indonesia membawa pengaruh yang signifikan terhadap kehidupan masyarakat lokal. Terlihat dari bangunan-bangunan yang ada di gambar 1.9 tersebut. Dan semakin banyak nya penjajah yang berlabuh di Indonesia setelah masa kolonial belanda. 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama